Manfaat Kesehatan dari Puasa

Tahukah Anda terdapat manfaat kesehatan dari puasa? Sementara bulan suci Ramadhan berkorelasi erat dengan puasa, tahukah Anda bahwa itu sebenarnya memiliki makna lebih dari sekadar pemanggilan agama? Sementara itu dimaksudkan untuk membawa Anda lebih dekat kepada Tuhan secara spiritual.

Baca Juga: Keuntungan Terbaik dari Ponsel Android

Penelitian juga menunjukkan bukti puasa bermanfaat bagi kesejahteraan Anda, bahkan lebih dari yang Anda harapkan. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas manfaat dan peningkatan kesehatan yang Anda ketahui selama bulan puasa ini!

1. Meningkatkan sensitivitas insulin

Berpuasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, memungkinkan Anda untuk mentoleransi karbohidrat / gula lebih baik daripada jika Anda tidak berpuasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah periode puasa.

Insulin menjadi lebih efektif dalam memerintahkan sel untuk mengambil glukosa dari darah. Ketika tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin, Anda akan dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik saat Anda makan.

Menurunkan jumlah insulin dalam tubuh Anda tidak hanya membantu memecah lemak lebih cepat, tetapi juga membantu menjaga kadar insulin Anda rendah ketika Anda mulai makan lagi. Gula darah Anda akan tetap teratur untuk waktu yang lebih lama hanya membuat kesehatan Anda secara keseluruhan jauh lebih baik.

2. Mendorong penurunan berat badan & mempercepat metabolisme Anda

Puasa bisa menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa itu memungkinkan tubuh membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada hanya diet biasa. Puasa memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi utama dan bukan gula.

Ini logis, karena Anda kemungkinan besar akan makan lebih sedikit sehingga tidak mungkin Anda dapat menambah berat badan dan mungkin akan makan jauh lebih sedikit daripada yang biasanya Anda lakukan pada hari biasa. Selain itu, puasa memberi istirahat pada sistem pencernaan Anda dan ini dapat memberi energi metabolisme Anda untuk membakar kalori lebih efisien.

3. Meningkatkan kekebalan dan resistensi terhadap penyakit

Tubuh bekerja keajaiban ketika Anda mulai berpuasa. Ini memicu sel-sel Anda untuk mulai membersihkan sistem Anda dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi kerusakan radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan kelaparan pembentukan sel kanker.

Puasa dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit bahkan sebelum mereka mulai. Sel-sel Anda akan mulai beregenerasi ketika Anda berpuasa dan ini dapat menyebabkan sel-sel Anda menggantikan sel-sel tua yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh Anda. Ini mengarah ke sistem kekebalan yang lebih kuat sekarang dan nanti di ujung jalan.

4. Meningkatkan flora pencernaan melalui detoksifikasi

Salah satu tujuan puasa adalah memberi istirahat pada sistem pencernaan Anda dari kerusakan dan menyerap makanan. Energi yang disimpan kemudian digunakan kembali untuk menghilangkan racun yang terkumpul di dalam sel. Dipercaya juga bahwa puasa adalah kesempatan bagi tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Penghapusan racun dari sistem pencernaan Anda sangat penting jika Anda ingin tetap sehat dan bebas dari penyakit. Penumpukan racun dalam saluran usus dapat mengganggu keseimbangan rapuh flora usus Anda. Mikroorganisme ini sangat penting untuk kesehatan pencernaan Anda dan perlindungan sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Pada poin nomor 2, telah dibahas bagaimana puasa dapat sangat menurunkan lemak di tubuh Anda dan mencegah Anda dari kelebihan berat badan. Ketika Anda memiliki sedikit lemak di tubuh Anda, hampir mustahil untuk menjadi gemuk. Jika Anda sudah dianggap obesitas, puasa perlahan akan membantu mengurangi jumlah lemak di tubuh Anda.

Penyakit kardiovaskular dan obesitas adalah dua penyakit khususnya yang puasa sangat menurunkan risiko Anda. Menurunkan lemak yang disimpan dalam tubuh berarti penurunan jumlah kolesterol jahat dalam sistem Anda yang terkait dengan penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.